14 Apr 2016

Wisata Alam Air Terjun Pria Laot

Apreri Salim. Pulau weh atau yang lebih dikenal sabang adalah sebuah pulau yang terletak di ujung barat indonesia. Dipulau ini memiliki banyak objek wisata terutama objek wisata pantai dan surga pagi penyelem. Selain itu ada yang tak kalah mempersona keindahan alam yang ada dipulai weh ini yaitu Air terjun Pria Laot. Air terjun pria laot adalah Sebuah air terjun yang berlokasi di desa Pria Laot. Menurut informasi yang didapat Air Terjun Pria Laot berhulu dari Gunung Sarung Keris dan berada di tengah-tengah hutan dengan aliran air yang betingkat.  Sebagian airnya juga bersumber dari danau Anak Laut yang dialirkan melalui sungai Pria Laot hingga akhirnya tumpah di air terjun ini. Di bawah air terjun terdapat kolam penampungan yang dapat digunakan untuk berenang.
 


Dimana Lokasi air terjun Pria Laot ?
Air terjun Pria Laot berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat kota Sabang arah kilo meter 0 indonesia. Untuk menuju lokasi air terjun, Anda harus berhenti di ujung jembatan desa yang berada persis di depan menara pompa air minum kota Sabang. Dari sini perjalanan harus dilanjutkan dengan jalan kaki sejauh 1 km.

Bagaimana jalan menuju air terjun pria laot ?
Jalan menuju ke air terjun pria laut belum mendapat perhatian serius oleh dinas pariwisata. Dari pinggir jala besar mobil bisa masuk sekitar 700 meter sampai ke bak penampungan PDAM. Dari PDAM kemudian dilanjutkan jalan kaki sekitar 15 menit. Di sepanjang jalan menuju air terjun kita akan diajak ber cross country melewati bebatuan terjal sembari sesekali menyeberangi sungai. Sebagian ruas jala sudah diperbaiki, namun sudah ada yang rusak. Lokasi Air terjun yang berada dalam hutan memberikan kesempatan untuk menyaksikan beragam fauna liar.

Apa keunikan air terjun pria laot ?
Air terjun pria laot memiliki kolam alami di bagian bawahnya. Yah kolam di air terjun adalah sesuatu yang langka. Tak semua air terjun punya kolam untuk berenang. Pria Laot ini memiliki kolam berukuran sekitar 60 meter persegi dengan kedalaman antara 1 hingga 3 meter. Tinggi tebing air terjun sekitar 15 meter sehingga percikan airnya membuat pemandangan yang indah. Anda dapat berenang dengan santai sembari menikmati sejuknya udara hutan. Dan tak tertinggalkan oleh pengunjung adalah melompat dari tebing ketinggian 4 meter kedalam kolam.

Keunikan lainnya yang tak dimiliki air terjun lain adalah air terjun yang dihiasi oleh kupu-kupu. Konon cerita kupu-kupu itu akan adan Juni hingga Agustus. Pada masa itu, sepanjang jalur air terjun akan didominasi dengan kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong.
Tak terasa 1,5 jam berlalu. Rasa lelah melalui batu-batu besar terobati dengan pemandangan alam mempesona. Puas berenang di kolam, sebelum pulang kami menyempatkan diri mendokumentasikan perjalan kami yang jauh. Kami datang ada yang dari sumatera barat, dari palembang, dari bengkulu dan ada dari lampung.


Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

Post a Comment

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com