13 Apr 2016

Wisata Sejarah Equator Bonjol

Apreri Salim. Kaupaten pasaman adalah kabupaten kelahiran saya (salim; founder dan content writer). Kabupaten Pasaman tidak kalah dengan daerah lain tantang objek wisata. Salah satu objek wisata kabupaten pasaman adalah equator yang terletak di bonjol. Bonjol adalah sebuah kecamatan di kabupaten Pasaman, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Bonjol terkenal karena dilintasi oleh garis khatulistiwa (lintang 0°) dan juga merupakan tempat kelahiran pahlawan nasional Tuanku Imam Bonjol.




Bagaimana saya bisa ke equator di bojol ?
Untuk menuju ke equator yang berada di bonjol tidaklah susah, kerana berda dipinggir jalan utama lintas bukit tinggi – pasang sidempuan. 


Apa keunikan equator dibonjol ?
Ada yang unik dari monumen yang di bangun sebagai tanda garis khatulistiwa. sebuah bangunan bola dunia yang di kombinasikan dengan rumah adat minang kabau dan tulisan " You Are Crossing The Equator ". Garis lintang 0° ini semakin indah dengan desain biru bola dunia yang berada di pinggir jalan raya, dan disandingkan dengan jembatan yang beratapkan seperti rumah adat minangkabau.

Apa saja yang bisa dilihat di equator bonjol ?
Selain dari tugu equator bonjol, dilokasi sekitar equator ada museum tuanku imam bonjol, didalam museum ada benda-benda bersejarah seperti pedang, keris, baju adat dan benda tua langka lainnya. Pengunjung diperbolehkan untuk masuk kedalam museum atas bimbingan dan arahan oleh petugas museum.

Kapan waktu yang tepat berkunjung ke equator bonjol ?
Waktu yang tepat untuk berkunjung ke equator bonjol bisa dilakukan kapan saja, asalkan jangan malam hari. Hehehe. Kebiasaanya pada hai libur equator sangat ramai dikunjungi oleh siswa dari pasaman dan sekitarnya. Kegiatan yang dilakukan siswa mulai dari SD, SMP, Bahkan SMA banyak bermain sambil belajar.


Tentang Pendiri dan Penulis

Unknown

Pendiri & Penulis

Seorang Blogger asal Pasaman-Sumatera Barat dengan nama asli Abdul Salim. Apreri Salim Akan fokus dalam menyajikan dua macam konten yaitu konten Edukatif dan konten Wisata Indonesia.More Info....

2 comments:

  1. eh eh eh ado awak di foto e,,,

    alah mintak izin ko ///???


    tolong bayar ya ,,, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto yang lama waktu kita pergi kesana dulu, karna gk ada foto saya yang bagus.. Terimakasih

      Delete

 
Apreri Salim © 2016 - Designed by Templateism.com